Sabtu, 11 Juni 2011

Kebudayaan Yang Akan Hilang

Setiap negara pasti mempunyai kebudayaan. Kebudayaanlah yang membuat negara - negara tersebut tumbuh dan berkembang menjadi negara - negara modern. Namun seiring dengan kemajuan atau perkembangan suatu negara, kebudayaan yang ada pada negara tersebut lama - kelamaan akan tergerus oleh modernisasi. Negara - negara yang maju dan masih mempertahankan budayanya antara lain Jepang, Inggris, Cina. Negara yang sudah maju saja masih bisa mempertahankan kebudayaannya, mengapa Indonesia tidak bisa?
Indonesia adalah negara yang mempunyai banyak sekali kebudayaan. Karena apa, Indonesia terdiri dari berbagai pulau, suku, adat istiadat dan budaya tentunya. Namun seiring dengan berkembangnya negara Indonesia, kebudayaan Indonesia semakin lama semakin hilang. Contohnya saja para pemuda bangsa tidak mau melakukan kebudayaan tersebut. Mereka selalu bilang " ndeso, katrok ". Jika semua pemuda bersikap seperti ini, bagaimana kebudayaan Indonesia pada masa yang akan datang?
Para pemuda Indonesia hanya bisa melakukan demo, marah terhadap pemerintah, dinas pariwisata dsb. Mereka selalu menuntut dan mengatakan " jaga budaya Indonesia, jangan sampai di ambil oleh negara lain ".
Mereka hanya bisa berkata - kata, tanpa melakukan. Itulah hal yang membuat Indonesia tidak maju - maju.
Sebetulnya untuk mempertahankan kebudayan bansa sangatlah mudah. kita hanya perlu mengenal dan mempelajari kebudayaan Indonesia. Contohnya kita mempelajari tari - tari daerah, alat musik daerah dll.
Karena apa jika kita mau mempelajari kebudayaan tersebut maka akan terjadi regenerasi antara pemain tua dan pemain mudanya. Dengan begitu kita bisa menjaga kebudayaan kita.
Para warga negara asing ingin sekali belajar kebudayan Indonesia, mengapa kita tidak.
Ayo pemuda bangsa, jagalah budayamu. Jangan sampai diambil oeh negara lain.
Jangan Malu Pelajari Budayamu !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar